4/08/2012

Minggu Paskah

"Dasar anak-anak digital," kata seorang dosen psikokom (psikologi komunikasi).

Awalnya gue merasa ini lucu dikatain kaya gini sampe semalem gue tersadar dengan sms temen gue yang nyelametin Paskah.

Paskah, buat orang-orang Kristen adalah perayaan kebangkitan Yesus yang bisa melawan maut dan membebaskan manusia dari dosa-dosa. Paskah dirayakan 3 hari setelah Yesus wafat. Yesus wafat pada Jumat Agung dan kebangkitannya dirayakan di Minggu Paskah. Sedangkan Sabtu Suci/Sabtu Vigili adalah malam penantian kebangkitan Yesus. Begini memang tradisi Katolik yang sangat kuat dan dijaga.

Balik lagi ke sms, si temen gue ini sms sebelum gue misa dan tentunya gue belom merayakan Paskah itu. Biasa aja emang dan dulu buat gue biasa aja tapi engga sekarang. Dulu waktu gue kecil, orang-orang nerima ucapan selamat Paskah ataupun Natal selalu di hari itu, tapi engga sekarang. Gue merasa orang-orang berlomba-lomba untuk jadi yang pertama dalam ngucapin selamat-selamat ini. Tujuannya jelas baik banget, silahturahmi tapi buat gue ini menimbulkan pergeseran tradisi. Orang-orang jadi mengira ini kaya Natal aja. Selesai misa Sabtu Suci, hore sudah Paskah, padahal Yesus belum bangkit lho.

Bukan berarti dengan memposting ini, gue akan kehilangan makna Paskah. Intinya satu hal aja sih, "hati-hati menggunakan teknologi" karena teknologi ini bisa merubah segala sendi kehidupan, sekecil apapun bahkan tradisi ribuan tahun juga. Pergunakan itu sebaik-baiknya aja. =)

Dan Paskah kali ini bisa lebih bermakna karena Tuhan sudah benar-benar bangkit di hidup gue.

Anyway, Happy Easter!!!

No comments:

Post a Comment